STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF (PTK) catatan

0 Comments


A.    INQUARING MIND WANT TO KNOW
Langkah-langkahnya:
1.      Guru bertanya kepada murid tentang satu masalah
2.      Murid menjawan pertanyaan guru secara bergantian
3.      Guru mendiskusikan jawaban murid
4.      Guru mengklasifikasi dan mengkaitkan sesuatu yang dibahas hari ini
B.     POSTER COMMENT
Langkah-langkahnya:
1.      Guru menunjukan beberapa gambar pada murid
2.      Guru meminta murid mengomentari gambar yang ditunjukan
3.      Guru mendiskusikan komentar murid
4.      Guru mengklarifikasi apa yang dibahas
C.     VIDEO COMMENT
Langkah-langkahnya:
1.      Guru menunjukan beberapa vidio pada murid
2.      Guru meminta murid mengomentari vidio yang ditunjukan
3.      Guru mendiskusikan komentar murid
4.      Guru mengklarifikasi apa yang dibahas
D.    ACTIVE DEBATE
Langkah-langkahnya:
1.      Guru memberikan masalah kepada peserta didik
2.      Guru menyampaikan bacaan kepada murid peserta didik
3.      Guru meminta murid membaca bacaan
4.      Guru membagi murid menjadi beberapa kelompok
5.      Guru meminta murid mempertahankan pendapat di kelompoknya masing masing dan melakukan debat antar kelompok
6.      Guru mengklarifikasikan hasil debat antar kelompok
E.     THE POWER OF TWO
Langkah-langkahnya:
1.      Guru memberikan pertanyaan yang membutuhkan pemikiran kepada murid
2.      Murid menjawab secara individual
3.      Guru meminta murid untuk berpasangan dan mendiskusikan jawaban masing masing
4.      Murid mendiskusikan jawaban dan menghasilkan jawaban
5.      Guru meminta murid untuk berkelompok dalam jumlah yang lebih besar sehingga dikelas hanya ada 2 kelompok
6.      Guru meminta pada masing masing kelompok untuk menyampaikan hasil diskusinya
7.      Guru menyimpulkan dan mengklarifikasikan jawaban kedua kelompok tersebut
F.      READING GUIDE
Langkah-langkahnya:
1.      Guru membagi bacaan kepada murid
2.      Guru meminta murid membaca bacaan tersebut
3.      Guru membagikan pertanyaan kepada murid dan meminta murid mencari jawaban atas pertanyaan tersebut pada bacaan
4.      Guru mengklarifikasikan jawaban murid
G.    ACTIVE KNOWLADGE SHARING
Langkah-langkahnya:
1.      Guru memberikan pertanyaan kepada murid
2.      Murid menjawab pertanyaan guru
3.      Guru mengklarifikasikan jawaban murid dan mengaitkan satu dan yang lainnya
4.      Guru mengambil kesimpulan
H.    PEER LESSON
Langkah-langkahnya:
1.      Guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok
2.      Guru membagikan konsep untuk dipelajari oleh masing masing siswa
3.      Setiap kelompok mendiskusikan konsep yang diberikan
4.      Setiap kelompok menunjuk salah satu untuk presentasi/ mengajarkan topiknya di depan kelas
5.      Memberikan waktu yang cukup pada masing masing kelompok untuk presentasi di depan kelas
6.      Setelah selesai presentasi guru memberikan klarifikasi
I.       CARD SORT
Langkah-langkahnya:
1.      Guru membagi potongan kertas yang berisi informasi dalam satu/ lebih kategori
2.      Siswa berkeliling kelas untuk menemukan kategori yang sama
3.      Siswa mempresentasikan kategori yang sama di depan kelas
4.      Guru memberikan point point penting terkait dengan materi


Intelektual Muslim

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: