STRATEGI PEMBELAJARAN AKTIF (PTK) catatan
A.
INQUARING
MIND WANT TO KNOW
Langkah-langkahnya:
1.
Guru
bertanya kepada murid tentang satu masalah
2.
Murid
menjawan pertanyaan guru secara bergantian
3.
Guru
mendiskusikan jawaban murid
4.
Guru
mengklasifikasi dan mengkaitkan sesuatu yang dibahas hari ini
B.
POSTER
COMMENT
Langkah-langkahnya:
1.
Guru
menunjukan beberapa gambar pada murid
2.
Guru
meminta murid mengomentari gambar yang ditunjukan
3.
Guru
mendiskusikan komentar murid
4.
Guru
mengklarifikasi apa yang dibahas
C.
VIDEO
COMMENT
Langkah-langkahnya:
1.
Guru
menunjukan beberapa vidio pada murid
2.
Guru
meminta murid mengomentari vidio yang ditunjukan
3.
Guru
mendiskusikan komentar murid
4.
Guru
mengklarifikasi apa yang dibahas
D.
ACTIVE
DEBATE
Langkah-langkahnya:
1.
Guru
memberikan masalah kepada peserta didik
2.
Guru
menyampaikan bacaan kepada murid peserta didik
3.
Guru
meminta murid membaca bacaan
4.
Guru
membagi murid menjadi beberapa kelompok
5.
Guru
meminta murid mempertahankan pendapat di kelompoknya masing masing dan
melakukan debat antar kelompok
6.
Guru
mengklarifikasikan hasil debat antar kelompok
E.
THE
POWER OF TWO
Langkah-langkahnya:
1.
Guru
memberikan pertanyaan yang membutuhkan pemikiran kepada murid
2.
Murid
menjawab secara individual
3.
Guru
meminta murid untuk berpasangan dan mendiskusikan jawaban masing masing
4.
Murid
mendiskusikan jawaban dan menghasilkan jawaban
5.
Guru
meminta murid untuk berkelompok dalam jumlah yang lebih besar sehingga dikelas
hanya ada 2 kelompok
6.
Guru
meminta pada masing masing kelompok untuk menyampaikan hasil diskusinya
7.
Guru
menyimpulkan dan mengklarifikasikan jawaban kedua kelompok tersebut
F.
READING
GUIDE
Langkah-langkahnya:
1.
Guru
membagi bacaan kepada murid
2.
Guru
meminta murid membaca bacaan tersebut
3.
Guru
membagikan pertanyaan kepada murid dan meminta murid mencari jawaban atas
pertanyaan tersebut pada bacaan
4.
Guru
mengklarifikasikan jawaban murid
G.
ACTIVE
KNOWLADGE SHARING
Langkah-langkahnya:
1.
Guru
memberikan pertanyaan kepada murid
2.
Murid
menjawab pertanyaan guru
3.
Guru
mengklarifikasikan jawaban murid dan mengaitkan satu dan yang lainnya
4.
Guru
mengambil kesimpulan
H.
PEER
LESSON
Langkah-langkahnya:
1.
Guru
membagi siswa menjadi beberapa kelompok
2.
Guru
membagikan konsep untuk dipelajari oleh masing masing siswa
3.
Setiap
kelompok mendiskusikan konsep yang diberikan
4.
Setiap
kelompok menunjuk salah satu untuk presentasi/ mengajarkan topiknya di depan
kelas
5.
Memberikan
waktu yang cukup pada masing masing kelompok untuk presentasi di depan kelas
6.
Setelah
selesai presentasi guru memberikan klarifikasi
I.
CARD
SORT
Langkah-langkahnya:
1.
Guru
membagi potongan kertas yang berisi informasi dalam satu/ lebih kategori
2.
Siswa
berkeliling kelas untuk menemukan kategori yang sama
3.
Siswa
mempresentasikan kategori yang sama di depan kelas
4.
Guru
memberikan point point penting terkait dengan materi
0 komentar: