Tugas PTK...

0 Comments




Lembar Kerja

PENELITIAN TINDAKAN KELAS




















              Nama Mahasiswa  : Eko Bowo Wicaksono
              Nim                          : 34.1.2.11226
              Dosen Pengampuh : Drs. Miftahul Ulum. M.Pd







FAKULTAS TARBIYAH JURUSAN PENDIDIKAN BAHASA ARAB
KAMPUS ROBITHOH
UNIVERSITAS DARUSSALAM
GONTOR PONOROGO
2016 M/1437 H



Lembar Kerja 1

Menemukan Masalah Dan Merumuskan Judul PTK


1
Menemukan masalah
1.         20 dari 30 murid gaduh ketika guru mengajar dikelas pada mata pelajaran PAI sub pokok bahasan “Rukun Islam” kelas VIII SMP Darussalam (Hasil Observasi Tanggal: 23 Maret 2016).
2.        70% murid mengabaikan guru ketika mengajar dikelas pada maple PAI sub pokok bahasan “Rukun Islam” kelas VIII SMP Darussalam(Hasil Observasi Tanggal: 23 Maret 2016).
3.        60% murid tidak bias menjawab pertanyaan dari guru pada maple PAI sub pokok bahasan “Rukun Islam” di kelas VIII Smp Darussalam (Hasil Observasi Tanggal: 23 Maret 2016).
4.        Dari hasil ulangan harian ditemukan 75% nilai siswa kelas VIII SMP Darussalam pada maple PAI rata-rata 45 dibawah nilai KKN 60 ( diperoleh dari dokumentasi).
2
Melakukan identifikasi masalah
1.         Motivasi belajar siswa rendah.
2.        Perhatian siswa dalam maple rendah.
3.        Kemampuan akademik siswa rendah.
4.        Prestasi belajar rendah.
3
Menentukan "batasan masalah
1.         Perhatian siswa dalam maple rendah.
4
Menganalisis masalah dengan menentukan faktor-faktor yang diduga sebagai penyebab utama terjadinya masalah
Perhatian siswa dalam maple rendah karna:
1.         Metode mengajar guru monoton.
2.        Media belajar dikelas tidak dimanfaatkan.
3.        Bahan ajar yang digunakan oleh guru tidak fariatif.
4.        Pengelolaan kelas oleh guru tidak maksimak.
5
Merumuskan gagasan-gagasan pemecahan masalah dengan merumuskan "hipotesis-hipotesis tindakan"
Hipotesis-hipotesis tindakan yang diambil adalah :
1.         Menggunakan strategi reading guaed
2.        Menggunakan media visual
3.        Menggunakan bahan ajar yang kreatif
4.        Menggunakan model pengelolaan kelas kelompok
6
Menentukan "pilihan hipotesis tindakan"
Hipotesis yang dipilih :
1.         Menggunakan strategi reading guaed
7
Merumuskan judul perencanaan kegiatan pembelajaran berbasis ptk.
1.         (3+6) upaya meningkatkan perhatian siswa pada mapel PAI sub pokok bahasan “Rukun Islam” melalui strategi reading guade pada siswa kelas VIII Smp Darussalam semester gasal 2016-2017.
2.        (6+3) Implementasi strategi reading guade untuk meningkatkan perhatian siswa pada mepel PAI semester gasal 2016-2017.
3.        (6) implementasi strategi reading guade pada mapel PAI (PTK di SMP Darussalam semester gasal 2016-2017)

Ponorogo,  _________________________
Nama  Mahasiswa


____________________________________   

Lembar Kerja 1

Menemukan Masalah Dan Merumuskan Judul PTK


1
Menemukan masalah
1.         10 dari 30 murid tidur dikelas pada mata pelajaran shorf sub pokok bahasan “Ahruful Dzaidah” kelas 3 KMI PMDG kampus 2 (Hasil Observasi Tanggal: 29 Maret 2016).
2.        50% murid tidak memperhatikan guru mengajar pada mata pelajaran shorf sub pokok bahasan “Ahruful Dzaidah” kelas 3 KMI PMDG kampus 2 (Hasil Observasi Tanggal: 29 Maret 2016).
3.        60% murid tidak bias menjawab pertanyaan dari guru pada mata pelajaran shorf sub pokok bahasan “Ahruful Dzaidah” kelas 3 KMI PMDG kampus 2 (Hasil Observasi Tanggal: 29 Maret 2016).
4.        Dari hasil ulangan harian ditemukan 70% nilai siswa kelas 3 KMI PMDG kampus 2 pada mata pelajaran shorf sub pokok bahasan “Ahruful Dzaidah” rata-rata 50 dari KKN 90 ( diperoleh dari dokumentasi).
2
Melakukan identifikasi masalah
1.         Semangat belajar siswa rendah.
2.        Kecintaan siswa dalam maple rendah.
3.        Kemampuan akademik siswa rendah.
4.        Prestasi belajar rendah.
3
Menentukan "batasan masalah
1.         Kemampuan akademik siswa rendah.

4
Menganalisis masalah dengan menentukan faktor-faktor yang diduga sebagai penyebab utama terjadinya masalah
Kemampuan akademik siswa rendah karna:
1.         Metode mengajar guru tidak tepat.
2.        Kurang kreatif dalam menyampaikan materi.
3.        Media belajar dikelas tidak dimanfaatkan.
4.        Bahan ajar yang digunakan oleh guru tidak fariatif.
5.        Pengelolaan kelas oleh guru tidak maksimak.
5
Merumuskan gagasan-gagasan pemecahan masalah dengan merumuskan "hipotesis-hipotesis tindakan"
Hipotesis-hipotesis tindakan yang diambil adalah :
1.        Menggunakan strategi Active Knowladge Sharing
2.        Menggunakan media visual
3.        Memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia
4.        Menggunakan bahan ajar yang kreatif
5.        Menggunakan model pengelolaan kelas kelompok
6
Menentukan "pilihan hipotesis tindakan"
Hipotesis yang dipilih :
1.         Memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia
7
Merumuskan judul perencanaan kegiatan pembelajaran berbasis ptk.
1.         (3+6) upaya meningkatkan kemampuan akademik siswa pada mata pelajaran shorf sub pokok bahasan “Ahruful Dzaidah” dengan memnfaatkan media pembelajaran yang tersedia kelas 3 KMI PMDG kampus 2 semester gasal 2016-2017.
2.        (6+3) Aplikasi media pembelajaran yang tersedia untuk meningkatkan kemampuan akademik siswa pada mata pelajaran shorf semester gasal 2016-2017.
3.        (6) Aplikasi media pembelajaran yang tersedia pada mata pelajaran shorf (PTK di KMI PMDG kampus 2  semester gasal 2016-2017)

Ponorogo,  _________________________
Nama  Mahasiswa


____________________________________   


Lembar Kerja 2
Mendeskripsikan langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas

JUDUL PTK     : _________________________________________________________________________________________________________
                          _________________________________________________________________________________________________________
SIKLUS            : _________________________________________________________________________________________________________

PERENCANAAN
TINDAKAN
PENGAMATAN
REFLEKSI


























































































































































Ponorogo,  _________________________
Nama Peserta Workshop


____________________________________                   
Lembar Kerja 3 (dikerjakan pada lembar kertas folio bergaris)
Menulis Proposal PTK

        I.    JUDUL PENELITIAN
      II.    LATAR BELAKANG MASALAH
   III.    IDENTIFIKASI DAN PEMBATASAN MASALAH
     IV.    RUMUSAN MASALAH DAN CARA PEMECAHANNYA
        V.    TUJUAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
     VI.    KONTRIBUSI HASIL PENELITIAN KELAS
  VII.    LANDASAN TEORITIK, TELAAH HASIL PENELITIAN TERDAHULU, KERANGKA BERFIKIR DAN PENGAJUAN HIPOTESIS TINDAKAN
A.   Landasan Teoritik
B.    Telaah Hasil Penelitian Terdahulu
C.    Kerangka Berfikir
D.   Pengajuan Hipotesis Tindakan
VIII.    METODE PENELITIAN
A.   Objek Tindakan kelas
B.    Setting Penelitian dan Karakteristik Subyek Penelitian Tindakan Kelas
C.    Variabel yang diamati  
D.   Prosedur Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Per-Siklus
1.     Perencanaan Pelaksanaan Tindakan Kelas
2.    Pelaksanaan Tindakan Kelas
3.    Pengamatan Tindakan Kelas
4.    Refleksi
     IX.    SISTEMATIKA PEMBAHASAN
       X.    OUTLINE DAFTAR ISI
     XI.    DAFTAR PUSTAKA
  XII.    JADWAL PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
XIII.    RENCANA BIAYA
 XIV.    CURRICULUM VITAE PENELITI

Ponorogo,  _________________________
Nama Peserta Workshop


____________________________________                   
Lembar Kerja 4  (dikerjakan pada lembar kertas folio bergaris)
Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran  Berbasis PTK
JUDUL PTK                                     : _______________________________________________________________________________________
SATUAN PENDIDIKAN                                 : _______________________________________________________________________________________
KELAS/SEMESTER                          : _______________________________________________________________________________________
MATA PELAJARAN                       : _______________________________________________________________________________________
SIKLUS                                            : _______________________________________________________________________________________
STANDAR KOMPETENSI              : _______________________________________________________________________________________
KOMPETENSI DASAR                   : _______________________________________________________________________________________
INDIKATOR                                    : _______________________________________________________________________________________

   I.      TUJUAN
  II.      MATERI
III.      ALOKASI WAKTU
IV.      TINDAKAN
 V.      VARIABEL YANG DIAMATI 
VI.      LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PTK
SIKLUS 1
A. Kegiatan Awal
WAKTU
KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS
METODE/ STRATEGI
SUMBER / BAHAN / ALAT
TINDAKAN
PENGAMATAN





B. Kegiatan Inti
WAKTU
KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS
METODE/ STRATEGI
SUMBER / BAHAN / ALAT
TINDAKAN
PENGAMATAN





C. Kegiatan Akhir
WAKTU
KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PENELITIAN TINDAKAN KELAS
METODE/ STRATEGI
SUMBER / BAHAN / ALAT
TINDAKAN
PENGAMATAN





SIKLUS 2 (dan seterusnya)
VII.      PENILAIAN
VIII.      SUMBER /  BAHAN /  ALAT

LAMPIRAN

Þ      Lembar KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) setiap Indikator
Þ      Intrumen penilaian yang terdiri dari : soal dan jawaban serta rubrik penilaian,
Þ      Handout materi.
Þ      Instrumen untuk merekam kegiatan pembelajaran berupa:
§ Lembar Pengamatan Terstruktur,
§ Lembar Catatan Lapangan
§ Lembar Dokumentasi,
§ Dan alat perekam lain yang digunakan.



Lembar Kerja 5
Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Pencapaian Kompetensi

JUDUL PTK
:

SEKOLAH TEMPAT TUGAS
:

MATA PELAJARAN
:

KELAS/SEMESTER
:

KOMPETENSI DASAR
:




                            
NOMOR INDIKATOR
ASPEK
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL

RATA2

PENILAIAN
SEBARAN SOAL
KOMPLEKSITAS
DAYA DUKUNG
INTAKE SISWA





































































Ponorogo,  _________________________
Nama Peserta Workshop


____________________________________                   
Lembar Kerja 6
Menyusun Instrumen Observasi Terstruktur dalam Kegiatan Pembelajaran Berbasis PTK

Judul Penelitian Tindakan Kelas     : ______________________________
Hari/Tanggal/Tempat Penelitian      : ______________________________
Siklus                                                     : ______________________________
Waktu Pengamatan                            : ______________________________



NO
VARIABEL YANG DIAMATI 
NOMOR  SISWA
JML
%
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10












































Keterangan Nama Siswa :
1.        ______________   4. _____________  7. _________________  10. _______
2.        ______________   5. _____________  8. _________________
3.        ______________   6. _____________  9. _________________

Refleksi

---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------




Ponorogo,  _________________________
Nama Peserta Workshop


____________________________________                   
Lembar Kerja 7
Sistematika Laporan Kegiatan Pembelajaran Berbasis PTK
Bagian Awal
HALAMAN SAMPUL
HALAMAN PENGESAHAN
HALAMAN KATA PENGANTAR
ABSTRAK
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL 
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN 
BAB I    : PENDAHULUAN
A.    Latar belakang Masalah
B.     Identifikasi dan Pembatasan Masalah
C.     Rumusan Masalah dan Cara Pemecahannya
D.    Tujuan Penelitian Tindakan Kelas
E.     Konstribusi Hasil Penelitian Tindakan Kelas
F.     Sistematika Pembahasan
BAB II  : LANDASAN TEORITIK, TELAAH HASIL
            PENELITIAN TERDAHULU, KERANGKA BERFIKIR
            DAN PENGAJUAN HIPOTESIS TINDAKAN 
A.    Landasan Teoritik
B.     Telaah Hasil Penelitian Terdahulu
C.     Kerangka Berfikir
D.    Pengajuan Hipotesis Tindakan
BAB III : METODE PENELITIAN
A.      Objek Tindakan kelas
B.      Setting Penelitian dan Karakteristik Subyek Penelitian Tindakan Kelas
C.      Variabel yang diamati
D.      Prosedur Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas
1.     Perencanaan Pelaksanaan Tindakan Kelas Per-Siklus
2.     Pelaksanaan Tindakan Kelas
3.     Pengamatan Tindakan Kelas
4.     Refleksi
E.       Jadwal Pelaksanaan Tindakan Kelas
BAB IV  : HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
A.    Gambaran singkat setting lokasi penelitian
B.     Penjelasan per-siklus
C.     Proses analisis data per-siklus
D.    Pembahasan
BAB  V  : PENUTUP
A.    Simpulan
B.     Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
o    Prosedur Langkah-langkah Pelaksanaan Tindakan Kelas Per-siklus
o    Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis PTK lengkap dengan lampiran :
Þ          Lembar KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal),
Þ          Intrumen penilaian yang terdiri dari : soal dan jawaban serta rubrik penilaian,
Þ          Handout materi.
o    Bukti rekaman kegiatan pembelajaran berupa:
Þ        Lembar Hasil Pengamatan Terstruktur,
Þ        Lembar Hasil Catatan Lapangan
Þ        Lembar Hasil Dokumentasi,
Þ        Dan bukti rekaman lain yang digunakan.
o    Izin penelitian dan bukti lain yang dipandang penting.
o    Surat Keterangan telah melakukan kegiatan pembelajaran berbasis PTK dari Sekolah/Madrasah Tempat tugas
 


Intelektual Muslim

Some say he’s half man half fish, others say he’s more of a seventy/thirty split. Either way he’s a fishy bastard.

0 komentar: