Tugas PTK...
FAKULTAS TARBIYAH JURUSAN
PENDIDIKAN BAHASA ARAB
KAMPUS ROBITHOH
UNIVERSITAS
DARUSSALAM
GONTOR
PONOROGO
2016 M/1437 H
Lembar Kerja 1
Menemukan Masalah Dan Merumuskan Judul PTK
1
|
Menemukan masalah
|
1.
20 dari 30 murid gaduh ketika
guru mengajar dikelas pada mata pelajaran PAI sub pokok bahasan
“Rukun Islam” kelas VIII SMP Darussalam (Hasil Observasi Tanggal: 23 Maret
2016).
2.
70% murid mengabaikan guru
ketika mengajar dikelas pada maple PAI sub pokok bahasan “Rukun
Islam” kelas VIII SMP Darussalam(Hasil Observasi Tanggal: 23 Maret 2016).
3.
60% murid tidak bias menjawab
pertanyaan dari guru pada maple PAI sub pokok bahasan “Rukun
Islam” di kelas VIII Smp Darussalam (Hasil Observasi Tanggal: 23 Maret 2016).
4.
Dari hasil ulangan harian
ditemukan 75% nilai siswa kelas VIII SMP Darussalam pada maple PAI rata-rata
45 dibawah nilai KKN 60 ( diperoleh dari dokumentasi).
|
2
|
Melakukan
identifikasi masalah
|
1.
Motivasi belajar siswa rendah.
2.
Perhatian siswa dalam maple rendah.
3.
Kemampuan akademik siswa
rendah.
4.
Prestasi belajar rendah.
|
3
|
Menentukan
"batasan masalah
|
1.
Perhatian siswa dalam maple rendah.
|
4
|
Menganalisis
masalah dengan menentukan faktor-faktor yang diduga sebagai penyebab utama
terjadinya masalah
|
Perhatian siswa
dalam maple rendah karna:
1.
Metode mengajar guru monoton.
2.
Media belajar dikelas tidak dimanfaatkan.
3.
Bahan ajar yang digunakan oleh guru tidak fariatif.
4.
Pengelolaan kelas oleh guru tidak maksimak.
|
5
|
Merumuskan gagasan-gagasan
pemecahan masalah dengan merumuskan "hipotesis-hipotesis tindakan"
|
Hipotesis-hipotesis tindakan yang diambil adalah :
1.
Menggunakan strategi reading guaed
2.
Menggunakan media visual
3.
Menggunakan bahan ajar yang kreatif
4.
Menggunakan model pengelolaan kelas kelompok
|
6
|
Menentukan "pilihan
hipotesis tindakan"
|
Hipotesis yang
dipilih :
1.
Menggunakan strategi reading guaed
|
7
|
Merumuskan judul
perencanaan kegiatan pembelajaran berbasis ptk.
|
1.
(3+6) upaya meningkatkan perhatian siswa pada mapel PAI sub pokok bahasan “Rukun Islam” melalui strategi reading guade pada
siswa kelas VIII Smp Darussalam semester gasal 2016-2017.
2.
(6+3) Implementasi strategi reading guade untuk
meningkatkan perhatian siswa pada mepel PAI semester gasal 2016-2017.
3.
(6) implementasi strategi reading guade pada mapel PAI
(PTK di SMP Darussalam semester gasal 2016-2017)
|
Ponorogo,
_________________________
Nama Mahasiswa
____________________________________
Lembar Kerja 1
Menemukan Masalah Dan Merumuskan Judul PTK
1
|
Menemukan masalah
|
1.
10 dari 30 murid tidur dikelas pada mata pelajaran
shorf sub pokok bahasan “Ahruful Dzaidah” kelas 3 KMI PMDG kampus 2 (Hasil Observasi Tanggal: 29 Maret 2016).
2.
50% murid tidak memperhatikan guru mengajar pada mata
pelajaran shorf sub pokok bahasan “Ahruful Dzaidah” kelas 3 KMI PMDG kampus 2 (Hasil Observasi Tanggal: 29 Maret 2016).
3.
60% murid tidak bias menjawab pertanyaan dari guru pada
mata pelajaran shorf sub pokok bahasan “Ahruful Dzaidah” kelas 3 KMI PMDG
kampus 2 (Hasil Observasi Tanggal: 29 Maret 2016).
4.
Dari hasil ulangan harian ditemukan 70% nilai siswa kelas
3 KMI PMDG kampus 2 pada mata pelajaran shorf sub pokok bahasan “Ahruful
Dzaidah” rata-rata 50 dari KKN 90 ( diperoleh dari dokumentasi).
|
2
|
Melakukan
identifikasi masalah
|
1.
Semangat
belajar siswa rendah.
2.
Kecintaan siswa
dalam maple rendah.
3.
Kemampuan akademik siswa rendah.
4.
Prestasi belajar rendah.
|
3
|
Menentukan
"batasan masalah
|
1.
Kemampuan
akademik siswa rendah.
|
4
|
Menganalisis
masalah dengan menentukan faktor-faktor yang diduga sebagai penyebab utama
terjadinya masalah
|
Kemampuan
akademik siswa rendah karna:
1.
Metode mengajar guru tidak tepat.
2.
Kurang kreatif dalam menyampaikan materi.
3.
Media belajar dikelas tidak dimanfaatkan.
4.
Bahan ajar yang digunakan oleh guru tidak fariatif.
5.
Pengelolaan kelas oleh guru tidak maksimak.
|
5
|
Merumuskan gagasan-gagasan
pemecahan masalah dengan merumuskan "hipotesis-hipotesis tindakan"
|
Hipotesis-hipotesis tindakan yang diambil adalah :
1.
Menggunakan strategi Active Knowladge Sharing
2.
Menggunakan media visual
3.
Memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia
4.
Menggunakan bahan ajar yang kreatif
5.
Menggunakan model pengelolaan kelas kelompok
|
6
|
Menentukan "pilihan
hipotesis tindakan"
|
Hipotesis yang
dipilih :
1.
Memanfaatkan media pembelajaran yang tersedia
|
7
|
Merumuskan judul
perencanaan kegiatan pembelajaran berbasis ptk.
|
1.
(3+6) upaya meningkatkan kemampuan akademik siswa pada
mata pelajaran shorf sub pokok bahasan “Ahruful Dzaidah” dengan memnfaatkan
media pembelajaran yang tersedia kelas 3 KMI PMDG kampus 2 semester gasal
2016-2017.
2.
(6+3) Aplikasi media pembelajaran yang tersedia untuk
meningkatkan kemampuan akademik siswa pada mata pelajaran shorf semester
gasal 2016-2017.
3.
(6) Aplikasi media pembelajaran yang tersedia pada mata
pelajaran shorf (PTK di KMI PMDG kampus 2 semester gasal 2016-2017)
|
Ponorogo,
_________________________
Nama Mahasiswa
____________________________________
Lembar Kerja 2
Mendeskripsikan langkah-langkah Penelitian Tindakan Kelas
JUDUL PTK :
_________________________________________________________________________________________________________
_________________________________________________________________________________________________________
SIKLUS :
_________________________________________________________________________________________________________
PERENCANAAN
|
TINDAKAN
|
PENGAMATAN
|
REFLEKSI
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ponorogo, _________________________
Nama Peserta
Workshop
____________________________________
Lembar Kerja 3 (dikerjakan
pada lembar kertas folio bergaris)
Menulis Proposal PTK
I. JUDUL PENELITIAN
II. LATAR BELAKANG MASALAH
III. IDENTIFIKASI DAN PEMBATASAN MASALAH
IV. RUMUSAN MASALAH DAN CARA PEMECAHANNYA
V. TUJUAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
VI. KONTRIBUSI HASIL PENELITIAN KELAS
VII. LANDASAN TEORITIK, TELAAH HASIL PENELITIAN TERDAHULU, KERANGKA BERFIKIR DAN
PENGAJUAN HIPOTESIS TINDAKAN
A. Landasan Teoritik
B. Telaah Hasil
Penelitian Terdahulu
C. Kerangka Berfikir
D. Pengajuan Hipotesis
Tindakan
VIII.
METODE PENELITIAN
A.
Objek Tindakan kelas
B.
Setting Penelitian dan Karakteristik Subyek Penelitian
Tindakan Kelas
C.
Variabel yang diamati
D.
Prosedur Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas Per-Siklus
1.
Perencanaan Pelaksanaan Tindakan Kelas
2.
Pelaksanaan Tindakan Kelas
3.
Pengamatan Tindakan Kelas
4.
Refleksi
IX. SISTEMATIKA PEMBAHASAN
X. OUTLINE DAFTAR ISI
XI. DAFTAR PUSTAKA
XII. JADWAL PELAKSANAAN PENELITIAN TINDAKAN KELAS
XIII. RENCANA BIAYA
XIV.
CURRICULUM VITAE
PENELITI
Ponorogo, _________________________
Nama Peserta
Workshop
____________________________________
Lembar Kerja 4 (dikerjakan pada lembar kertas folio bergaris)
Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berbasis PTK
JUDUL PTK :
_______________________________________________________________________________________
SATUAN PENDIDIKAN : _______________________________________________________________________________________
KELAS/SEMESTER :
_______________________________________________________________________________________
MATA PELAJARAN :
_______________________________________________________________________________________
SIKLUS :
_______________________________________________________________________________________
STANDAR KOMPETENSI : _______________________________________________________________________________________
KOMPETENSI DASAR :
_______________________________________________________________________________________
INDIKATOR :
_______________________________________________________________________________________
I.
TUJUAN
II. MATERI
III.
ALOKASI WAKTU
IV.
TINDAKAN
V.
VARIABEL YANG DIAMATI
VI.
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS PTK
SIKLUS 1
A. Kegiatan Awal
WAKTU
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
|
METODE/ STRATEGI
|
SUMBER / BAHAN / ALAT
|
|
TINDAKAN
|
PENGAMATAN
|
|||
|
|
|
|
|
B. Kegiatan Inti
WAKTU
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
|
METODE/ STRATEGI
|
SUMBER / BAHAN / ALAT
|
|
TINDAKAN
|
PENGAMATAN
|
|||
|
|
|
|
|
C. Kegiatan Akhir
WAKTU
|
KEGIATAN PEMBELAJARAN BERBASIS
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
|
METODE/ STRATEGI
|
SUMBER / BAHAN / ALAT
|
|
TINDAKAN
|
PENGAMATAN
|
|||
|
|
|
|
|
SIKLUS 2 (dan
seterusnya)
VII.
PENILAIAN
VIII.
SUMBER /
BAHAN / ALAT
LAMPIRAN
Þ Lembar KKM
(Kriteria Ketuntasan Minimal) setiap Indikator
Þ Intrumen penilaian
yang terdiri dari : soal dan jawaban serta rubrik penilaian,
Þ Handout materi.
Þ Instrumen untuk
merekam kegiatan pembelajaran berupa:
§ Lembar Pengamatan
Terstruktur,
§ Lembar Catatan
Lapangan
§ Lembar Dokumentasi,
§ Dan alat perekam lain
yang digunakan.
Lembar Kerja 5
Menentukan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) Pencapaian Kompetensi
JUDUL PTK
|
:
|
|
SEKOLAH TEMPAT TUGAS
|
:
|
|
MATA PELAJARAN
|
:
|
|
KELAS/SEMESTER
|
:
|
|
KOMPETENSI DASAR
|
:
|
|
|
|
|
NOMOR INDIKATOR
|
ASPEK
|
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL
|
RATA2
|
PENILAIAN
|
SEBARAN SOAL
|
||
KOMPLEKSITAS
|
DAYA DUKUNG
|
INTAKE SISWA
|
|||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Ponorogo,
_________________________
Nama Peserta Workshop
____________________________________
Lembar Kerja 6
Menyusun Instrumen Observasi Terstruktur dalam Kegiatan Pembelajaran
Berbasis PTK
Judul Penelitian Tindakan Kelas : ______________________________
Hari/Tanggal/Tempat Penelitian : ______________________________
Siklus :
______________________________
Waktu Pengamatan :
______________________________
NO
|
VARIABEL YANG
DIAMATI
|
NOMOR
SISWA
|
JML
|
%
|
|||||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
9
|
10
|
||||
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan Nama Siswa
:
1.
______________ 4. _____________ 7. _________________ 10. _______
2.
______________ 5. _____________ 8. _________________
3.
______________ 6. _____________ 9. _________________
Refleksi
---------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------------
Ponorogo, _________________________
Nama
Peserta Workshop
____________________________________
Lembar Kerja 7
Sistematika Laporan Kegiatan Pembelajaran
Berbasis PTK
Bagian Awal
HALAMAN SAMPUL
HALAMAN PENGESAHAN
HALAMAN KATA PENGANTAR
ABSTRAK
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I : PENDAHULUAN
A.
Latar belakang Masalah
B.
Identifikasi dan Pembatasan Masalah
C.
Rumusan Masalah dan Cara Pemecahannya
D.
Tujuan Penelitian Tindakan Kelas
E.
Konstribusi Hasil Penelitian Tindakan Kelas
F.
Sistematika Pembahasan
BAB II : LANDASAN TEORITIK, TELAAH HASIL
PENELITIAN
TERDAHULU, KERANGKA BERFIKIR
DAN
PENGAJUAN HIPOTESIS TINDAKAN
A.
Landasan Teoritik
B.
Telaah Hasil Penelitian Terdahulu
C.
Kerangka Berfikir
D.
Pengajuan Hipotesis Tindakan
BAB III : METODE PENELITIAN
A.
Objek Tindakan kelas
B.
Setting Penelitian dan Karakteristik Subyek Penelitian
Tindakan Kelas
C.
Variabel yang diamati
D.
Prosedur Pelaksanaan Penelitian Tindakan Kelas
1.
Perencanaan Pelaksanaan Tindakan Kelas Per-Siklus
2.
Pelaksanaan Tindakan Kelas
3.
Pengamatan Tindakan Kelas
4.
Refleksi
E.
Jadwal Pelaksanaan Tindakan Kelas
BAB IV : HASIL PENELITIAN TINDAKAN KELAS
A.
Gambaran singkat setting lokasi penelitian
B.
Penjelasan per-siklus
C.
Proses analisis data per-siklus
D.
Pembahasan
BAB
V : PENUTUP
A.
Simpulan
B.
Saran
DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
o
Prosedur Langkah-langkah Pelaksanaan Tindakan Kelas
Per-siklus
o
Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Berbasis PTK
lengkap dengan lampiran :
Þ
Lembar KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal),
Þ
Intrumen penilaian yang terdiri dari : soal dan jawaban
serta rubrik penilaian,
Þ
Handout materi.
o
Bukti rekaman kegiatan pembelajaran berupa:
Þ
Lembar Hasil Pengamatan Terstruktur,
Þ
Lembar Hasil Catatan Lapangan
Þ
Lembar Hasil Dokumentasi,
Þ
Dan bukti rekaman lain yang digunakan.
o
Izin penelitian dan bukti lain yang dipandang penting.
o
Surat Keterangan telah melakukan kegiatan pembelajaran
berbasis PTK dari Sekolah/Madrasah Tempat tugas
0 komentar: